Cara Membuat Sistem NFT Hidroponik

Cara Membuat Sistem NFT Hidroponik

Cara Membuat Sistem NFT Hidroponik - Ini adalah teknik NFT (Nutrient Film Technique) yang sangat populer di kalangan petani hidroponik rumahan.

Kemungkinan besar karena desainnya yang lugas. Namun ternyata metode NFT adalah yang paling tepat, dan sering digunakan, untuk membudidayakan tanaman dengan waktu panen yang singkat seperti berbagai selada.

Selain membudidayakan selada, petani komersial juga menanam berbagai jenis rempah dan sayuran dengan sistem NFT.

Ada berbagai metode untuk merancang sistem NFT, namun semuanya memiliki karakteristik yang sama yaitu larutan nutrisi yang mengalir melalui pipa sangat rendah.

Akar tanaman dapat bersentuhan dengan lingkungan, mereka dapat menyerap nutrisi darinya. Kelemahan terbesar dari metode NFT ini adalah fakta bahwa itu sangat sensitif terhadap gangguan aliran air karena pemadaman listrik. Tanaman mulai kehilangan energi mereka segera jika air berhenti mengalir ke seluruh jaringan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Sistem NFT Hidroponik

Alat
  • 1 buah bor listrik
  • 1 buah mata bor hidroponik
  • 1 gergaji besi
  • 1 tang

Bahan-bahan
  • 1 buah paralon 3 inci
  • 1 atau 2 bagian paralon dalam inci
  • 8 buah paralaon tutup 3 inci
  • Tujuh potong di . koneksi paralon
  • 9 buah Keni/L inci
  • Tambahkan Paralon, sesuai selera (opsional)
  • 1 buah lem untuk paralon
  • 1 ember
  • Gelas yang bagian bawahnya berlubang
  • Media tanam (kulit, kerikil, dll)
  • Nutrisi yang cukup untuk hidroponik A+B
  • Selang
  • 1 buah pompa akuarium
  • 1 1,5m serat 1,5m serat
  • Biji tanaman (bayam atau kangkung)
  • Kawat secukupnya

Cara Kerja Sistem NFT Hidroponik

Larutan nutrisi kemudian dipompa keluar dari reservoir melalui manifold yang menghubungkan tabung yang lebih besar dengan jumlah yang lebih kecil. Masing-masing tabung ini mampu mengalirkan larutan nutrisi ke sisi berlawanan dari setiap selokan atau selokan, dan tanaman di dalamnya.

Lapisan tipis (film) yang berisi larutan nutrisi mengalir di setiap saluran, membawa tanaman di sisi yang berlawanan, melewati setiap tanaman dan merendam akar akar di bagian bawah saluran saat itu terjadi. Nutrisi mengalir dari satu ujung ke ujung yang lain karena saluran agak miring yang berarti air mengalir ke bawah pada permukaan yang miring.

Tanaman di saluran biasanya diletakkan di atas air , dengan menempatkan bibit yang mulai keluar di kubus rockwool 1 inci atau media tanam di lubang-lubang kecil yang terletak di titik-titik tinggi. 

Akar bibit tergenang ke arah tengah saluran atau tabung dimana mereka mendapatkan nutrisi dari aliran kecil larutan nutrisi yang mengalir. 

Secara berlebihan, larutan nutrisi dikeringkan dari bagian bawah setiap saluran, dan ke tabung atau saluran lain, dan kemudian diarahkan kembali ke reservoir, di mana ia mengalir melalui sistem.

Larutan nutrisi yang mengalir melalui sungai rendah, seluruh bagian akar akan lembab dan hal ini dapat menyebabkan kelembaban pada permukaan bagian dalam tanaman. 

Akar yang tergenang air di dalam saluran tidak hanya berventilasi baik tetapi juga bisa mendapatkan banyak oksigen dari udara di dalam parit/saluran dan juga.

Penanam komersial biasanya menggunakan parit yang dirancang khusus untuk sistem NFT, yang memiliki dasar datar dan alur memanjang. 

Alur ini membiarkan air bergerak di bawah akar. Petani rumahan biasanya menggunakan selokan yang dimodifikasi untuk parit NFT. Talang yang dimodifikasi dapat digunakan untuk membuat NFT parit dengan biaya lebih rendah. 

Rumah petani juga dapat menggunakan pipa irigasi PVC berukuran 2,5 inci dan 3 inci untuk digunakan dalam sistem NFT ini. Pipa PVC tidak dibuat dengan permukaan datar, tetapi dengan menekuknya, PVC juga dapat digunakan untuk NFT.

Sistem Kerja NFT Hidroponik

Seberapa dalam air dan seberapa cepat alirannya adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai sistem jenis ini. Yang pertama adalah bahwa kemiringan drainase menentukan seberapa cepat air bergerak melalui tabung atau saluran (bukan dari pompa).

Kemiringan ideal dalam kemiringan sistem NFT biasanya sebesar 100:3 hingga 100,6. Penting untuk dicatat bahwa untuk setiap 100cm panjang horizontal harus ada penurunan 3 sampai 6 cm (kemiringan) yang disarankan. 

Penting juga untuk mewaspadai kemiringan tanaman ketika sangat besar. Tanaman besar juga memiliki sistem akar yang besar, dan ini dapat menyebabkan aliran air terhambat.

Cara Membuat Sistem NFT Hidroponik

  1. Potong paralon satu inci menjadi empat bagian
  2. Buat lubang pada paralon menggunakan mata bor standar. Dilanjutkan dengan latihan hidroponik untuk mengatur jarak
  3. Buat lubang melalui penutup paralon pada bagian tepi seukuran benang penghubung untuk paralon
  4. Susun paralon yang telah dilubangi, sambungkan menggunakan drat atau keni
  5. Pastikan Anda menempelkan bagian yang telah Anda buat menggunakan lem
  6. Pasang pompa aquarium di ember yang sudah diisi A+B, air dan nutrisi lainnya
  7. Hubungkan pompa ke selang, lalu arahkan ke titik tertinggi
  8. Buat gelas aqua sebanyak lubang hidroponik yang sudah ada kemudian tambahkan sekam bakar yang disemprot dengan nutrisi
  9. Masukkan 1-3 bibit tanaman
  10. Tempatkan masing-masing gelas aqua ke dalam lubang di paralon
  11. Pompa akuarium harus dihidupkan di dalam ember
  12. Periksa apakah nutrisi mengalir ke atas paralon Anda, dan mengalir melalui setiap paralon
  13. Selalu verifikasi pasokan nutrisi ember secara teratur

Kesimpulan

Jika Anda menggunakan sistem NFT untuk hidroponik dan Anda ingin ekstra hati-hati untuk memastikan perkembangan tanaman yang berkelanjutan. 

Pastikan untuk membuang tanaman mati dan menggantinya dengan media segar. Selanjutnya, saat menggunakan sistem NFT ini, teknik hidroponik juga perlu untuk menjaga pH air Anda pada tingkat yang stabil, yaitu sekitar 6,0 antara 6,0 dan 6,5 ​​pH.

Untuk menaikkan pH Anda bisa memanfaatkan pH naik, dan untuk menurunkan pH, Anda bisa memanfaatkan pH turun. Jika Anda merawat dengan baik tanaman yang ditanam menggunakan metode hidroponik NFT akan memberikan hasil yang baik.

Posting Komentar

0 Comments

Formulir Kontak